FAQ

1. ABOUT UANGKU
1. Apakah UANGKU ?

UANGKU adalah layanan uang elektronik berbasis aplikasi yang diterbitkan oleh PT Smartfren Telecom Tbk (“Smartfren”) untuk memudahkan transaksi keuangan kamu dengan hanya menggunakan smartphone.
#about-1
2. Apakah UANGKU resmi dan aman untuk digunakan?

UANGKU telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (melalui Surat No.16/85/DKSP tanggal 26 Mei 2014) sehingga aman untuk digunakan karena telah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.
#about-2
3. Siapa saja yang dapat menggunakan UANGKU?

Semua pengguna smartphone dengan operator selular prabayar atau pascabayar apapun dapat menggunakan UANGKU.
#about-3
4. Apakah ada syarat untuk penggunaan UANGKU?

Untuk syarat dan ketentuan penggunaan UANGKU, dapat dilihat pada link berikut ini https://www.uangku.co.id/terms-and-conditions.
#about-4
5. Siapakah yang dapat menggunakan UANGKU?

Siapa pun dapat mengunduh aplikasi UANGKU tanpa biaya apapun dan melakukan pendaftaran hanya dengan mencantumkan nomor handphone yang dimiliki saja. Selanjutnya nomor handphone tersebut akan menjadi nomor rekening UANGKU.
#about-5
6. Bagaimana cara mendownload UANGKU?

UANGKU dapat didownload tanpa biaya apapun di Google Play (Android) dan App Store (iOS).
#about-6
7. Bagaimana cara registrasi UANGKU?

Setelah mengunduh dan menginstall aplikasi UANGKU, cukup daftarkan nomor handphone kamu sebagai nomor rekening UANGKU, kemudian masukan Personal Identification Number (PIN) rahasia kamu (pastikan tidak ada orang lain yang mengetahui PIN kamu) dan selanjutnya akun UANGKU kamu sudah siap untuk digunakan.
#about-7
2. USING UANGKU
1. Apa saja fitur yang terdapat di aplikasi UANGKU?

Fitur yang ada pada aplikasi UANGKU adalah pembelian pulsa, pembayaran tagihan, transfer antar pemilik rekening UANGKU, layanan penarikan tunai , layanan setor tunai dan pembayaran transaksi merchant.
#using-1
2. Pulsa apa saja yang tersedia?

Semua operator telekomunikasi yang berlaku di Indonesia seperti Smartfren, Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, Tri, Axis dan lainnya.
#using-2
3. Tagihan apa saja yang dapat dibayar via UANGKU?

Tagihan telepon rumah, tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon pasca-bayar, tagihan asuransi, tagihan internet dan TV kabel.
#using-3
4. Apa yang dimaksud dengan fitur Pay by QR?

Pay by QR adalah solusi pembayaran merchant dengan menggunakan kode QR yang terintegrasi dengan aplikasi UANGKU dengan cara melakukan scan kode yang tercetak pada struk pembayaran.
#using-4
5. Bagaimana dan dimana saja fitur Pay by QR dapat digunakan?

Pay by QR dapat digunakan di merchant yang telah terintegrasi dengan fitur layanan Pay by QR seperti restoran, kafe dan toko. Pengguna cukup meminta struk Pay by QR kepada kasir merchant lalu scan QR code yang tercetak pada struk tersebut dengan fitur Pay by QR di aplikasi UANGKU. Untuk melihat daftar merchant yang menerima layanan pembayaran Pay by QR silahkan cek di www.uangku.co.id/merchants
#using-5
6. Apakah ada promo di aplikasi UANGKU?

Tentu saja ada. Kamu bisa mengecek daftar promo merchant di www.uangku.co.id/promotions dan di aplikasi UANGKU pada bagian “MORE” - “See QR Discount”
#using-6
7. Bagaimana cara mengetahui promo terbaru dari UANGKU?

Kamu akan menerima email dan SMS ketika kami memiliki promo terbaru. Kamu juga bisa mengecek melalui sosial media dengan mengikuti kami di Facebook, Instagram, Twitter dan LINE.
#using-7
8. Bagaimana cara melakukan transfer via UANGKU?

Cukup masukan nomor handphone penerima yang ingin kamu transfer pada menu *Transfer. *transfer hanya dapat dilakukan dari akun premium yang telah melakukan pendaftaran/registrasi yaitu termasuk pencatatan data informasi pengguna dan dokumen identitas.
#using-8
9. Apakah ada pembatasan saldo di UANGKU?

Untuk account basic, nilai maksimal saldo yang dapat di top-up adalah Rp 1 juta. Sedangkan untuk akun premium nilai maksimal saldo yang dapat di top-up adalah Rp 10 juta atau lebih sesuai dengan regulasi yang berlaku.
#using-9
10. Apakah perbedaan antara akun basic dengan akun premium?

Layanan Uangku ini tersedia dalam 2 (dua) tipe yaitu tipe Basic (dengan saldo maksimum Rp 1 juta dan fasilitas yang terbatas) dan tipe Premium (dengan saldo maksimum Rp 10 juta atau lebih sesuai regulasi yang berlaku dan fasilitas yang lengkap). Persyaratan untuk menjadi tipe Premium adalah dengan melakukan pendaftaran yaitu termasuk pencatatan data informasi pengguna dan dokumen identitas. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada table dibawah ini:

BASIC PREMIUM
Saldo top up maksimal Rp 1.000.000 Saldo top up maksimal Rp 10.000.000
Tidak dapat melakukan transfer Dapat melakukan transfer
Tidak dapat melakukan tarik tunai Dapat melakukan tarik tunai
#using-10
11. Bagaimana cara top-up balance di UANGKU?

Ada 2 cara, yaitu: transfer via ATM, internet banking atau mobile banking dan setor tunai melalui Galeri Smartfren. Kedepannya, kami akan memperluas layanan top up/setor tunai dengan melakukan kerjasama dengan agen-agen penyelenggara layanan keuangan digital. Transfer melalui jaringan ATM Bersama, PRIMA dan ALTO ke Bank Sinarmas (kode bank : 153) melalui ATM/ Internet Banking/ Mobile Banking. Contoh: transfer ke 153 + 8881 + nomor smartphone anda (akun UANGKU)

TATA CARA TOP UP PADA GALERI SMARTFREN
Datang ke Galeri Smartfren yang berlokasi di Jl. H. Agus Salim No.45 Jakarta Pusat 10340 dan / atau BSD HQ Office Jl. Pahlawan Seribu. CBD BSD Lot 12.A Tangerang dan ikuti proses berikut ini:

  • Informasikan kepada kasir bahwa kamu ingin melakukan top-up balance UANGKU
  • Informasikan nomor akun UANGKU kamu, nama dan jumlah nominal top-up.
  • Bayar dengan nominal yang sesuai dengan permintaan kamu*
  • Kamu akan menerima tanda bukti dari kasir SMS notifikasi ketika proses top-up berhasil
*Syarat dan ketentuan: 
  • Proses top-up bebas dari biaya administrasi
  • Nominal yang bias di top-up dimulai dari Rp 10.000 dan kelipatannya
  • Balance akan segera masuk ke akun UANGKU setelah proses top-up selesai
TATA CARA TOP UP PADA AGEN-AGEN YANG TELAH BEKERJASAMA DENGAN SMARTFREN
Datang ke gerai agen terdekat, dan ikuti proses berikut ini:

  • Informasikan kepada kasir bahwa kamu ingin melakukan top-up balance UANGKU.
  • Beritahukan nomor akun UANGKU kamu, nama dan jumlah nominal top-up.
  • Bayar dengan nominal yang sesuai dengan permintaan kamu*
  • Kamu akan menerima SMS notifikasi ketika proses top-up berhasil.
*Syarat dan ketentuan: 
  • Proses top-up bebas dari biaya administrasi
  • Nominal dana yang bisa di top-up adalah sebagai berikut: Rp 50.000 | Rp 100.000 | Rp 150.000 | Rp 250.000 | Rp 500.000 | Rp 1.000.000
  • Balance akan segera masuk ke akun UANGKU setelah proses top-up selesai



#using-11
12. Bagaimana cara tarik tunai dari UANGKU?

Tarik tunai dapat dilakukan di Galeri Smartfren (lokasi: Sabang dan BSD). Kedepannya, kami akan memperluas layanan tarik tunai (“Cash Out”) dengan melakukan kerjasama dengan agen-agen penyelenggara layanan keuangan digital.

GALERI SMARTFREN
Pastikan bahwa akun UANGKU sudah di upgrade ke akun Premium untuk dapat melakukan proses layanan Cash Out, dan kamu telah melakukan proses request Cash Out di aplikasi UANGKU. Silahkan kunjungi Galeri Smartfren (Sabang & BSD) dan ikuti proses berikut ini:   
  • Informasikan kepada kasir Galeri Smartfren bahwa kamu ingin melakukan proses tarik tunai UANGKU*
  • Bawa juga kartu tanda pengenal untuk pengecekan indentitas 
  • Informasikan nomor akun UANGKU, kode rahasia dari SMS yang kamu terima dari proses Cash Out di aplikasi UANGKU, nama dan jumlah uang yang akan di tarik tunai
  • Kamu akan menerima SMS notifikasi dari UANGKU jika proses Cash Out telah berhasil 
  •  
    *Syarat dan ketentuan: 
  • Proses Cash Out di Galeri Smartfren bebas dari biaya admin
  • Kode rahasia via SMS dari UANGKU berlaku 1x24 jam
  • Nominal untuk tarik tunai dimulai dari Rp 10.000,- dan kelipatannya
  • Balance akan segera dipotong dari akun UANGKU setelah proses tarik tunai selesai
  • CASH OUT MELALUI AGEN PENYELENGGARA LAYANAN KEUANGAN DIGITAL (“LKD”)
    Pastikan bahwa akun UANGKU sudah diupgrade ke akun Premium untuk dapat melakukan proses tarik tunai, dan kamu sudah melakukan proses request Cash Out di aplikasi UANGKU. Silahkan kunjungi gerai agen-agen penyelenggara LKD dan ikuti proses berikut ini:   
  • Informasikan kepada kasir bahwa kamu ingin melakukan proses tarik tunai UANGKU*
  • Bawa juga kartu tanda pengenal untuk pengecekan indentitas 
  • Beritahukan nomor akun UANGKU, kode rahasia dari SMS yang kamu terima dari proses Cash Out di aplikasi UANGKU, nama dan jumlah uang yang akan ditarik tunai
  • Kamu akan menerima SMS notifikasi dari UANGKU jika proses tarik tunai berhasil 
  •  
    *Syarat dan ketentuan: 
  • Proses tarik tunai dengan nominal di bawah Rp 500.000 akan dikenakan biaya administrasi Rp 5.000, sedangkan untuk nominal di atas Rp 500.000 akan dikenakan biaya admin Rp 7.500
  • Kode rahasia via SMS dari UANGKU berlaku 1x24 jam
  • Nominal yang bisa ditarik tunai adalah dengan nilai sebagai berikut: Rp 50.000 | Rp 100.000 | Rp 150.000 | Rp 250.000 | Rp 500.000 | Rp 1.000.000
  • Balance akan segera dipotong dari akun UANGKU setelah proses tarik tunai selesai
  • #using-12
    3. SECURITY AND PRIVACY
    1. Bagaimana cara mengganti PIN?

    Klik menu “MORE” dan pilih tab “Change PIN”
    #security-1
    2. Bagaimana cara Reset PIN?

    Klik “Forgot PIN” pada halaman utama, kemudian ikuti prosedur Reset PIN, dengan menjawab pertanyaan rahasia yang kamu pilih saat pertama mendaftar.
    #security-2
    3. Apakah saldo UANGKU akan aman jika smartphone hilang?

    Tidak perlu kuatir, saldo kamu akan tersimpan aman di server UANGKU. Selama kamu tidak tahu PIN rahasia kamu, UANGKU dapat didownload dan diinstall kembali di smartphone baru, dan kamu dapat login seperti biasa menggunakan nomor handphone yang kamu daftarkan di awal dan PIN rahasia.

    Namun, jika kamu khawatir, kamu bisa menghubungi Call Center UANGKU di nomor 021-50100000 untuk meminta akun UANGKU kamu di blokir sementara. Setelah kamu memiliki smartphone baru silahkan menghubungi kembali Call Center UANGKU untuk membuka blokir akun UANGKU.
    #security-3
    4. Bagaimana jika transaksi tiba-tiba terputus dan terdapat notifikasi “ “MOHON MAAF, SAAT INI TIDAK DAPAT TERHUBUNG DENGAN SERVER”?

    Hal ini disebabkan karena jaringan internet kamu sedang mengalami gangguan. Transaksi secara otomatis akan dibatalkan dan saldo tidak akan terpotong. Kamu dapat memastikan dengan melihat saldo rekening UANGKU dan cek kembali history transaksi.

    Apabila saldo rekening UANGKU terpotong tetapi transaksi batal (“Cancel”), mohon segera hubungi Call Center UANGKU di nomor 021-50100000 atau melalui email ke cs@uangku.co.id .
    #security-4